Ubuntu Tweak – Mari otak-atik Ubuntu

Pada Windows XP ada banyak aplikasi untuk otak-atik komponennya. Windows XP diotak-atik agar lebih cepat dan stabil. Bagaimana di Ubuntu?

Ternyata banyak aplikasi untuk tweaking Ubuntu dan juga Linux Mint. Sayangnya, masih terpencar-pencar, belum terpadukan dalam sebuah aplikasi tweaking yang terintegrasi. Misalnya: aplikasi preload, prelink, pessulus, dan lain-lain. “Wahai para programer, minta tolong buatkan jadi satu ya, sehingga potensi konflik diantaranya bisa dikurangi”

Tetapi, coba lihat Ubuntu Tweak di ubuntu-tweak.com. Aku sudah memakainya. Kudownload dari ubuntu-tweak.com/downloads. Kudownload file yang bernama ubuntu-tweak_0.4.4-1~intrepid1_all.deb karena aku pakai Ubuntu 8.10. Di situsnya disebut bahwa file tadi bisa juga untuk Gutsy dan Hardy.

Setelah download dan ada di desktop, iseng-iseng kuklik ganda. Dan ternyata: mampu dikenali dan dibaca serta siap untuk instal langsung. Aha, sudah seperti di Win XP. Kita tidak perlu masuk synaptic atau pakai perintah apt lewat terminal. Hebat !  Silahkan download dan coba sendiri.

Aku sangat surprise dengan pilihan membuat shortcut yang ada di tab [Personal] pada aplikasi Ubuntu Tweak tadi. Dengannya, kita bisa buat shortcut-shortcut penting.

Aku udah buat 2 shortcut, yaitu shortcut untuk:

  • explore hardisk sebagai user biasa (Shortcut di Win XP =  [Win Key] + e) dan
  • explore hardisk sebagai user root.

Bagaimanakah caranya membuat kedua shortcut itu Ubuntu 8.10?

1. Jalankan Ubuntu Tweak yang ada di [Applications], [System Tools]

2. Klik [Ubuntu Tweak] untuk menjalankannya.

3. Di pilihan menu yang ada di kolom kiri, klik [Personal] sehingga muncul submenunya.

4. Klik lagi pada [Shortcut]

5. Di kolom sebelah kanan nampak ada 12 baris slot  yang masih kosong dan bisa kita assign shortcut khusus. 12 baris itu tersusun dalam kolom ID yang berisi Command #,  kolom Command yang berisi kata none, serta kolom key yang berisi kata disabled.

6. Kumulai dari kolom key di baris pertama. Klik pada kolom key hingga muncul kata please press the new key combination. Lalu kita tekan kombinasi tombol yang kita mau. Pada kasusku kutekan tombol [Win Key] + e.

7. Lalu klik baris yang sama di bagian Command yang masih bertuliskan none. Kuganti kata none tadi dengan nautilus computer://.

8. Selesai. Kita bisa coba dengan menekan [Win Key] + e. Hasilnya, persis seperti di Win XP saat kita akan menggunakan Windows Explorer dengan shortcut [Win Key] + e.

9. Mantafs

Bagaimana dengan shortcut hardisk sebagai user root?

Caranya sama saja seperti di atas. Kita buat dibaris kedua, setelah shortcut pertama tadi. Bedanya hanya pada kombinasi tombol yang kita masukkan (lihat langkah 6 di atas) dengan perintahnya (lihat langkah 7 di atas.

Kombinasi tombol yang kupakai adalah [Win Key] + [Shift] + e. Tiga tombol. Lalu perintah yang kita masukkan adalah gksu nautilus /

Selamat mencoba!

Iklan

2 Responses to Ubuntu Tweak – Mari otak-atik Ubuntu

  1. rusmanik berkata:

    Mohon perhatian:

    Sangat tidak disarankan menginstall aplikasi dengan klik ganda via nautilus (explorer-nya Ubuntu dan Linux Mint). Upayakan agar tetap install aplikasi via synaptic dengan repo dari ubuntu di server terdekat dengan kita.

    Mengapa? Paling tidak, alasanya:

    1. Bila aplikasinya hanya 1 (satu) file saja, maka prosesnya akan lancar. Tapi, bila aplikasinya terdiri dari banyak file, terutama yang ada dependencynya, maka install dengan klik ganda via nautilus justeru akan sangat merepotkan.

    2. Karena dari repo Ubuntu, maka mestinya telah melalui proses screening dari tim di Ubuntu.

  2. rusmanik berkata:

    Masih seputar Ubuntu Tweak! Harusnya ini masuk di tulisan induk, tetapi tidak apa-apalah masuk di komentar ya.

    Coba jalankan lagi Ubuntu Tweak. Lalu klik tab [Personal]. Terus klik lagi Scripts.

    Silahkan pilih scripts dari kolom disable scripts dan klik and drag masukkan ke nautilus scripts.

    Silahkan pilah-pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Hasilnya, Nautilus di Ubuntu dan Linux Mint kita makin memudahkan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: